Saturday, August 19, 2017

Gejala Kanker Kulit

Tags


Kanker kulit merupakan sel kanker yang tumbuh dan menyerang bagian kulit. Jika tidak segera mendapatkan pertokongan medis, sel kanker tersebut dapat menyerang organ tubuh lainnya.

Kanker kulit Umumnya lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Alasan kenapa kanker kulit umumnya menyerang orang dengan pigmen kulit putih adalah karena orang berkulit putih memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit dibandingkan orang berkulit hitam.

Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Perhatikan hal-hal dibawah ini :
  • Bentuk benjolan yang tidak simetris atau kurang beraturan. Sehingga bentuk kiri dan kanannya terlihat berbeda.
  • Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan memiliki tekstur yang kasar.
  • Ada perubahan bentuk, warna, dan ukuran jika diamati secara teliti.
  • Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap ditengah dan warna coklat muda dibagian pinggir hingga batas tepinya.
  • Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.

 

Gejala Kanker Kulit 

  • Squamous Cell Carcinoma. Gejala ini pada umumnya disebabkan oleh keratosis, leukoplakia, dan berbagai jenis kanker lainnya. Terjadinya luka atau ulcer, merupakan penyebab awal pertumbuhannya menjadi cepat. Pada umumnya squamous cell carcinoma bercampur dengan infeksi purulen, bau busuk, dan rasa sakit. Dalam hal ini, akan banyak dijumpai metastase kelejar getah bening lokal.
  • Bassal Cell Carcinoma. Pada awal terjadinya jenis kanker ini, tidak terdapat gejala apapun. Pada tahap awal pertumbuhannya akan berbentuk papula substrat patch keras, ada juga yang berbentuk menonjol verrucos, dan kemudian pada ulserasi berubah menjadi lesi ulkus, dengan bentuk acak dan bagian tepi menonjol seperti mulut gunung merapi, lalu pada bagian bawah tidak merata dan pertumbuhannya sangat lambat.

Ada juga gejala kanker kulit yang lain seperti rasa gatal pada kulit atau bahkan kulit terasa sakit jika disentuh. Adanya tompel atau tumor yang dapat terlihat dari luar inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki resiko kematian paling sedikit, itu karena ciri-cirinya bisa dikenali dengan mudah.



EmoticonEmoticon

Cara Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit adalah adanya pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit. Penyebab dari kanker kulit ini berbeda-beda dengan tingkat keganasan ...